yayanadenan's blog

…sssmokin’!!

Posted on: March 15, 2010

quit smoking

Dari dulu aku memang gak suka rokok. Maksutnya melihat orang merokok, atau mengendus asapnya langsung bikin aku bete. Belum lagi kalo yang merokok itu orang yang aku kenal, wah langsung berkurang deh poin dia di mataku. Padahal waktu kecil aku belum tau akibat negatif dari rokok, tapi aku udah gak suka. Mungkin karena sejak kecil,  bapak  tidak merokok, walaupun beliau dulunya merokok namun sukses berhenti. Sungguh aku bersyukur karena tidak terpapar asap rokok sejak kecil.

Kurasa semua orang udah tau bahaya rokok.. seperti yang tercantum di sini,

Rokok mengandung kurang lebih 4000 elemen-elemen, dan setidaknya 200 diantaranya dinyatakan berbahaya bagi kesehatan. Racun utama pada rokok adalah :

  • Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru.
  • Nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Zat ini bersifat karsinogen, dan mampu memicu kanker paru-paru yang mematikan.
  • Karbon monoksida adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen

 

Efek racun pada rokok ini membuat pengisap asap rokok mengalami resiko (dibanding yang tidak mengisap asap rokok):

  • 14x menderita kanker paru-paru, mulut, dan tenggorokan
  • 4x menderita kanker esophagus
  • 2x kanker kandung kemih
  • 2x serangan jantung

 

Rokok juga meningkatkan resiko kefatalan bagi penderita pneumonia dan gagal jantung, serta tekanan darah tinggi.

Dan herannya, udah tau begitu, masih aja sedot dalam-dalam tuh rokok.Ini disebabkan zat adiktif pada nikotin yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah…makanya banyak yang susah berhenti merokok walaupun sudah berusaha. Bagiku, no excuses! Kemauan yang kuat bisa mengalahkan segalanya. Bagi si perokok, komentar ini terkesan sok tau ya, tapi jika dibandingkan dengan bahaya yang ditimbulkan terhadap orang-orang di sekitarnya, apalagi keluarga tercinta tentu berhenti merokok is worth it.

Di rumahku sendiri tidak pernah ada ASBAK. Buat apa ya kalau tidak ada yang merokok ^_^ aku juga sangat bersyukur dapet pasangan yang tidak merokok, sangat jarang ditemukan.. Di rumah ibu pun asbak ada, dari sekedar hiasan, lalu disimpen, lalu akhirnya pecah karena buat tempat lilin ^_^ (asbak dari kaca/marmer…jangan ditiru ya, frens..). Dan aku berusaha sekuat tenaga supaya mobil juga bebas asap rokok, tak peduli betapa sungkannya melarang orang merokok, apalagi famili yang lebih tua..harus ditega-tegain deh biar udara tetap segar.

Tapi keinginan untuk merasakan udara bebas asap rokok kadang kalah oleh lingkungan yang sebagian besar masyarakatnya adalah perokok, belum lagi anak-anak dan remaja. Kebetulan lingkungan tempat tinggalku ada banyak rumah kontrakan, dimana tiru-meniru sangat mungkin terjadi. Jika sang orang dewasa dalam satu kompleks rumah merokok, sangat mungkin si anak akan menjadi perokok juga nantinya. Biasanya begitu si anak menginjak usia remaja/SMP, sudah mulai terlihat sebatang rokok terselip di jarinya. Bayangkan, betapa miris hati ini melihat seorang ayah menggendong anak balita sambil merokok…kasihan paru-paru kecil itu sudah dipaksa menghirup zat-zat racun.. Belum lagi paparan iklan rokok di televisi (yang notabene menjadi hiburan termurah meriah) dan juga baliho-baliho besar di jalan raya. Karena itulah begitu terdengar kabar pemerintah akan melarang iklan rokok, agak lega rasanya walaupun masih apatis, apa iya akan terjadi? Mengingat begitu banyak kepentingan yang terlibat di sini.

Iklan rokok memang hebat, karena peraturan melarang visualisasi secara eksplisit gambar orang merokok, maka dibuatlah slogan-slogan yang keren yang mengesankan merokok adalah hal yang positif, keren, membanggakan, dan lain sebagainya, seperti yang tercantum di sini. Walhasil tertanam di alam bawah sadar remaja dan anak-anak kita, bahwa merokok itu cool, keren dan positif, dengan role model band kesayangan mereka sebagai icon merk rokok tertentu. Belum lagi perusahaan rokok selalu menjadi sponsor utama konser-konser musik, pertandingan olah raga (halooo???), dan kompetisi kreatif lainnya..jadi memang sebaiknya iklan rokok itu dilarang, jika tak ingin generasi penerus kita adalah generasi perokok.

Dari segi agama pun, rokok sudah diharamkan oleh fatwa yang dikeluarkan Muhammadiyah, sedangkan ulama-ulama yang lain menganggapnya mubah, bahkan makruh. Hal ini didasarkan karena merokok tidak membawa manfaat bahkan hanya membawa mudharat, baik bagi si perokok maupun dari orang-orang di sekitarnya.

Hal-hal di atas sudah cukup bagiku untuk terus membenci rokok.

Advertisements
Tags:

2 Responses to "…sssmokin’!!"

wah mbak yayan udah duluan nulis ttg rokok he he… aku juga niy mbak sebel n bete jumete ama yg namanya rokok… dan perokok itu menurutku orang yg paling egois. dia enak-enakan ngerokok tanpa peduliin kita yang terganggu. kadang kalau ditegur, karena dia merasa lebih tua, malah balik ngomel-ngomel… 😦

wih sama nih vit, kemaren malah ada temen fb yang jelas-jelas nantangin (ketika beredar fatwa muhammadiyah itu), pake profile pic yang dia sedang ngerokok n status nantang2in gitu… alasan dia, bagaimana nasib pengusaha, petani tembakau kalo rokok dilarang…gitu…pokoknya nyolot banget deh, ampe sebel ngebacanya n kepikir buat remove dia…wakakaka…

tapi memang sepengetahuanku, perokok tuh kalo ditegur tentang rokoknya memang pasti tersinggung….ga tau kenapa… 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

blog stats

  • 41,943 hits

moshi moshi!


moshi moshi! Welcome to my first blog. Just a place where i can write thoughts, opinions, experiences, interests, and about me, or people around me. Be pleased when you visit this page, and i welcome you to be my friend...
Enjoy!

tanggalan

March 2010
M T W T F S S
« Feb   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

my hyde

Archives

%d bloggers like this: