yayanadenan's blog

everything’ll be done by a collector…

Posted on: April 4, 2010

maki usami's

Fiuuhh…setelah sekian lama berangan-angan, akhirnya ada juga kesempatan buat nengok yang namanya toko buku bekas…yihaa! Terakhir aku ngubek-ubek toko bekas adalah jaman semasa masih kuliah, di Solo di daerah belakang Sriwedari dan di Yogya daerah shopping. Waktu itu sedang demen-demennya dengan pemain bola Manchester United, mas Ryan Giggs. Segala majalah lama dan poster-poster lama bisa diembat di situ.  Asyik sekali pokoke. Nah, semenjak itu gak pernah lagi menginjakkan kaki ke toko buku bekas…ke toko buku biasa aja rutin dan nongkrong di toko buku kecil di kota asalku, Magelang.. ampe sohiban sama yang jaga toko..(hai Ade, apa kabarmu sekarang…?).

Saat ini aku sedang senang membaca komik-komik lama, walhasil pingiiin kembali membaca komik-komik yang pada masa sekolahku sedang jaya-jayanya. Beberapa serial jadul yang menjadi koleksiku tersimpan di rumah ortu, kadang kangen pengen baca lagi..apalagi kalo browsing di internet dan membaca thread-thread tentang komik lawas nan legendaris, wah serasa geregetan pengen baca. Kadang keinginan untuk melengkapi nomor-nomor yang kurang dalam satu serial itu muncul, atau pengen memiliki serial yang sekarang sudah gak diterbitkan lagi. Dan itu hanya bisa dilakukan lewat barter, beli komik lewat internet, atau hunting di toko buku bekas. Well, karena ada kesempatan untuk itu, maka aku pun memilih untuk menyambangi toko buku bekas.

https://i1.wp.com/img2.ak.crunchyroll.com/i/spire4/09272008/a/0/5/6/a0561b9a57e7b0_full.jpg

Dari info-info yang aku baca, karena aku tinggal di bogor, maka aku pun mencari di kotaku dulu. Tapi sayang, bogor kurang kondusif bagi para hunter..setelah tanya sana sini adanya cuma di belakang stasiun kota bogor. Yang menyediakan komik bekas pun hanya satu kios..di sini aku berhasil mendapatkan serial Harlem Beat, walaupun ga lengkap, dengan harga @Rp.2500 saja. Hmm..not bad for a beginner. Lalu aku mencoba peruntungan di stasiun depok UI, ada tiga kios..dua kios yang kecil aku sambangi dulu, nemu Don’t fall before bloom-nya Washio Mie (aku lumayan suka mangaka ini, sejak baca Anti Chocolate dulu). Kemudian aku tanya ada satu lagi kios yang cukup lengkap di situ..dan menujulah aku ke sana. Ketika menemukannya, aku merasa seperti anak-anak di tengah toko permen..langsung lupa segalanya! Lupa suami dan anak yang mengikuti di belakangku…hehehe…*lebay kalo ini*. Malah jadi bingung, harus mulai mencari dari mana..semua komik-komik-komik dan komik *ini lebay juga*.

https://yayanadenan.files.wordpress.com/2010/04/15-don27tfallbeforebloom1-2.jpg?w=300

Setelah mataku nyalang membaca judul-judul komik yang berjibun banyaknya, akhirnya nemu beberapa nomor Dunia Mimpi-nya Kyoko Hikawa (she’s the reason i do this), How Much is Happiness-nya Usami Maki (no question about it), dan yang terpenting, Di balik jendela putih-nya Kyoko Hikawa! Wah ga nyangka langsung nemu komik ini setelah malam sebelumnya melihat komiknya di internet. Wow..not so bad for the first visit.. 🙂

https://i1.wp.com/www.kassa9.com/stores/tokobukudavid/images/product_28543_big.JPG

Di kios ini sambil ngobrol ngalor ngidul sama mbak yang ngurus kios, aku jadi tau kalo memang banyak pemburu komik yang njujug ke situ buat cari collectible mangas, dan makin dicari dan makin jadul, makin mahal pulak komik-komik itu.. Aku sempat nanyain serial Miriam-nya Kyoko Hikawa, dia bilang masih kurang satu nomor yaitu nomor 1, dan sekarang sudah dihargai @Rp.25rebu per komik! Itu juga masih bisa berubah harganya.. Yang aku bawa pulang, Di balik jendela putih pun harga satuannya Rp.15 rebu, sama kayak komik baru. Usami Maki punya, Rp.10rebu satu, yah karena belum jadul-jadul amat, juga karena bukan komik bekas, masih ada bungkusnya. Mungkin termasuk harga -gak usah hunting kemana-mana lagi karena udah lengkap serinya- ya? Belum lagi, dia cerita kalo komik Pank-Ponk udah ada yang nanyain dan udah ada yang nawar sejutaan buat satu seri lengkap! Byuh byuh…

https://i2.wp.com/i99.photobucket.com/albums/l300/cowo_jkt23/DSC00917.jpg

Bagi orang yang belum pernah koleksi apapun, harga komik segitu pasti ga masuk akal..apalagi komik lama, kondisinya pun belum tentu masih bagus. Tapi bagi sang kolektor, apa pun akan dilakukan untuk mendapatkan benda kesukaannya, walaupun harus merogoh kocek dalam-dalam. Aku masih agak mikir untuk membeli si Miriam yang harganya belum seberapa, aku masih mikir kebutuhan lain yang antri untuk dipenuhi, jadi belum bisa disebut sebagai kolektor sejati ya.. Yah, begitulah… ternyata pikiranku masih bisa diajak kompromi… 🙂

6 Responses to "everything’ll be done by a collector…"

wooooowww finally berhasil juga hunting komik second niy mbak yayan… wah jadi kangen ke stasiun UI depok… tempat yang paling banyak memberi sumbangan koleksi komikku. di situ juga aku nemuin seven magic seri terakhir mbak. aku harus merogoh dompet 25 ribu coba mbak buat sekeping komik itu, but saat itu no problemo he he…
btw di stasiun UI Depok rata2 masih 3000-an kan mbak?
Wah jadi termotivasi nih, buat berkunjung ke tempat itu lagi. mungkin bulan depan he he…

iya vit…kyaaaa…^_^ aku aja sekarang jadi terbayang2 terus nih ama komik2 disitu…tapi inget anak bojo, jadi agak ter-rem dikit…hehehe…
wah seven magic tuh yu asagiri bukan ya? jaman aku sma tuh bacanya…hihihi..

aku mau lengkapin harlem beatku, karena udah terlanjur punya sekitar 12 vol, jadi harus cari ‘pripilan’nya, yang udah lengkap sih ada, tapi pasti lbh mahal per satu paket karena yang aku punya harganya @2500 aja..

iya, masih 3000an, ada yang 5000an, n 10ribuan, 15ribuan, 25ribuan juga ada ^_^ keknya ga cukup sejam dua jam deh di situ… 🙂
eling..eling..eling.. gitu terus ingat otakku padaku…hahaha 🙂

iya bener mbak, seven magic-nya Yuu Asagiri… Aku sampe tergila-gila sama si Michael ha ha… Komik tersuksesnya Asagiri 🙂

Hu um mbak, aku kalo maen ke stasiun UI Depok juga jadi pengunjung terlama ha ha… Dengan teliti dipilih dipilih sampe tangannya item semua. Udah itu nggak sengaja pegang jidat or pipi sendiri, alhasil muka pada cemong hua ha ha…

he he untung otaknya rajin bilang ‘eling.. eling’ kalo gak, bisa2 mbak yayan borong semua komik or stay di situ sampe siang berganti malem ;P

wah..panic ama minmin juga bagus kan.. 🙂
huh pengennya sih jadi pengunjung terlama…berhubung junior dah keluh kesah karena keringetan jadinya kompromi laah…hehehe…resiko dah punya buntut.. ^_^ maka itu mumpung masih sorangan manpaatkanlah…hahaha

lha iya, kalo ga eling tau2 sampe rumah diprengutin ama misua…hahahaha 😀 abis waktu dan duit…xixixi

AAAAAAh… Setiap baca review tentang gokil-nya mba yaya dengan hunting komiknya, ira jadi ketawa ngikik karena ingat banget “begitulah saya jugaaa” XD Yu Asagiri ira punya Cash connection , tapi seven magic memang tak terlupakan 😛 Minmin kocak abis 😛 tapi kalo Panic malah belum sempat baca, hikss

Emang bener mba kalao udah lagi ada di deretan apa lautan komik, kita jadi ingat betapa serunya masa remaja kita iya kaaan, 🙂 sampai sebesar ini, kita selalu memiliki kenangan manis tentang apa yang kita baca, kita review dan kita bagi dengan sesama pencinta komik , hehehe…

Hahaha…aku jadi inget lagi deh, walo sekarang kios itu entah apakah masih ada atau ga, mengingat KAI sudah ‘membersihkan’ hampir semua kios yang ada di stasiun KRLnya 😦

Wuaah punya cash connection ya, aku punya nomer 2 dan 3 nya doang…hihihi… Kalo inget Yuu Asagiri, jd inget celana2 baggy tokoh2 komiknya dan pipi2 chubbynya…. \(^o^)/ beberapa oneshot-manganya sekarang diterbitkan lagi oleh elex lho, such as album kenangan, greatman, ama zodiac love… tapi yang serial aku lihat belum ada…kalau ada versi deluxe-nya, apa hira mau beli? 😉

Ya betul…klo udah kita share dan banyak dapat teman yang sama-sama suka…it’s priceless… 😀

Leave a Reply

blog stats

  • 40,722 hits

moshi moshi!


moshi moshi! Welcome to my first blog. Just a place where i can write thoughts, opinions, experiences, interests, and about me, or people around me. Be pleased when you visit this page, and i welcome you to be my friend...
Enjoy!

tanggalan

April 2010
M T W T F S S
« Mar   May »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

my hyde

Archives

