yayanadenan's blog

trip to the zoo

Posted on: April 9, 2010

zoo

Beberapa hari yang lalu, di sebuah sabtu, tau-tau datang sebuah ide untuk pergi ke kebun binatang, dan tau-tau..berangkatlah kami ke Ragunan, sebuah kebun binatang yang terletak di Jakarta. Hmm…coba naik kendaraan umum ah…pagi-pagi jam setengah delapan waktu bogor berangkatlah kami naik KRL. Karena takut kesiangan dan panas sesampainya di sana, naik KRL ekonomi okelaah…wah ga nyangka penuh juga di hari sabtu. Excitement Ina rada berkurang gara-gara pengap…hahaha..ga papa ya na..setelah turun di stasiun Pasar Minggu, disambung naik bis kota jurusan Ragunan, dan…voila! Sampailah kita di depan pintu gerbang Kebun Binatang Ragunan…

Terus terang, sebelumnya aku selalu meremehkan kebun binatang ini, padahal belum pernah berkunjung, tapi dalam bayanganku nantinya aku akan melihat binatang-binatang yang biasa saja, dengan kondisi yang memprihatinkan..itulah yang kutakutkan ketika berkunjung ke kebun binatang, karena kalau melihat binatang yang menderita aku akan terbayang-bayang terus dan sedih 😦 Itulah sebabnya aku lebih ‘lega’ kalau berkunjung ke Taman Safari, misalnya, karena udah terjamin ‘keselamatan’ hewan-hewan di sana…hahaha. Tetapi ternyata aku salah! Di Ragunan, yang mana tempatnya sejuk dan nyaman -apalagi kalau datang di pagi hari- hewan-hewannya cukup tenang dan terawat baik. Kebun binatang ini memang dirancang untuk dilihat-lihat sambil berjalan kaki, jadi kami bisa lihat lebih dekat binatang yang sedang di’pamer’kan.

Setelah membayar karcis masuk, -yang mana cukup murah, 4000 rupiah aja untuk dewasa dan 3000 rupiah untuk anak-anak di atas 3 tahun- mulailah kami menikmati kebun binatang ini. So happy melihat Ina berlari-larian dengan bebas, berteriak dengan bebas.. Mataku langsung terpesona dengan kolam pelikan yang ada di bagian depan. Di sini aku merasa, wah..ternyata bagus juga Ragunan ini, dan merasa tak salah memilih berkunjung ke sini. 🙂 Ina pun terlihat sangat senang. Kemudian kami mulai berkeliling, mulai dari kandang unggas (burung flamingonya cantik!) lalu melihat beruang, komodo, singa, harimau, dan beruang madu. Orangutan juga, kemudian ke kandang musang, rakun, dan mamalia kecil lainnya. Seru!

flamingozoo

Ketika sudah mulai lelah, kami memutuskan untuk ke area Children’s Zoo, yaitu taman bermain untuk anak-anak dengan banyak permainan. Setelah membayar 1500 rupiah per tiket saja, kami pun melepas lelah sambil memakan bekal. Hmm..sejuk dan nyaman! Tapi Ina malah tidak ikutan melepas lelah, ia malah sibuk menjajal semua permainan yang ada di situ ^_^. Kalau mau, ada fasilitas naik kuda untuk anak-anak, atau bermain/berfoto bersama anak harimau di situ. Di sini ada kolam khusus ikan arapaima gigas, ikan terbesar di dunia dari Amerika Selatan yang masih kerabat ikan arwana. Ikan dewasa bisa mencapai 3 meter panjangnya dengan berat 200 kg! Wow..takjub melihatnya.

zoo2zoo3

Di dalam kebun binatang, tak masalah jika lapar dan haus. Selain membawa bekal sendiri, pilihan lain adalah banyak warung makan di dalam taman yang sudah tertata, dan harganya pun sudah tertera, jadi bisa langsung pilih mau masuk ke warung yang mana. Dan soal kebersihan, jangan khawatir, buanyak sekali tempat sampah tersedia. Dan pengelola pun telah mulai memberlakukan larangan untuk pengunjung dan penjual makanan untuk menggunakan makanan dengan bungkus styrofoam. Sip! 🙂 Deretan kios penjual souvenir juga ada, jika ingin membawa oleh-oleh dari sini. Jika ingin berkeliling tapi malas jalan kaki, kereta dan delman juga ada di sini.

Tips berkunjung ke kebun binatang adalah: siapkan sepatu atau sandal yang nyaman! Jangan sampai kaki lecet menghalangi keriaan. Juga siap topi, atau payung jika tiba-tiba terik menyengat atau hujan turun tiba-tiba. Minum yang banyak, karena area kebun binatang naik turun sehingga cepat lelah dan membuat haus. Bawa bekal sendiri bagus, tapi makan di tempat juga ga kalah asyik. Selalu buang sampah pada tempatnya, dan jangan meludah atau pipis sembarangan..kasian kalau hewan-hewan disitu tertular penyakit dari kita. Toilet ada banyak kok 🙂 Dan jangan memberi makan binatang secara sembarangan, kecuali diperbolehkan dan disediakan oleh pengelola, seperti memberi makan jerapah.

gajah

Hari sudah beranjak siang dan mulai terasa panas, Ina pun sudah kelelahan karena bermain habis-habisan di children’s zoo tadi.. akibatnya kami melewatkan Pusat Primata Schmutzer! Wah nyesel! Padahal itu adalah tempat menampilkan primata-primata dengan suasana yang berbeda, dan ada museumnya pula. Jadi, kelihatannya kami akan berkunjung lagi di lain hari… Ina juga kelihatannya setuju aja tuh… so see you again at the zoo!

https://i2.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/b4/Pintu_masuk_smutzer.jpg/300px-Pintu_masuk_smutzer.jpg

Advertisements

6 Responses to "trip to the zoo"

He he jalan2 ke Bonbin Ragunan ya mbak…. Itu deket kost aku yang dulu loh. Saking deketnya, aku malah gak pernah main ke sana 😦
Akibatnya sekarang aku nyesel bin iri seabis baca tulisan mbak yayan ini, hiks hiks….

Padahal aku banyak denger cerita di sana tiket masuk murah, dan tempatnya lumayan enak buat jalan-jalan. Padahal dulu aku sering diajak temenku jualan boneka di sana. Padahal… padahal… huaaaa banyak padahalnya….

Wah Ina pasti seneng banget ya mbak. Apa dia naik2 binatang yang ada di sana? Kalau naik gajah gitu bayar berapa lagi mbak?

walaah kenapa gak mau main ke sana? udah apriori ya kayak aku? hehehe…
untung misua bujukin jadinya mau deh… 🙂

kliatannya nyeselnya buanyak yaa…hahaha…memang bener semua yang vita denger tuh, dan memang ada kios2 khusus buat jualan souvenir / boneka2 yang cantik2…mungkin karena dulu vita sibuk kali ya? 🙂

Seneng banget si Ina..tapi dia ga mau naik2 binatang di sana…tau tuh, lebih suka lari2an, pokoknya yang aktivitas fisik! Tapi tiket buat naik kuda kliatannya cm 3000 deh, ntah yang naik gajah..yang pasti jauuuuuhh lebih murah daripada fasilitas serupa di cisarua… 🙂

itu bonbin tempat mbakku dulu pacaran mbak… aku sering diajakin ikut pacaran, he he gak maulah tar aku jadi obat nyamuk deh….

dulu kupikir karena deket, kapan aja bisa maen, eh taunya sampe pindah ke bandung belom juga kesampean…. hmm tapi bener jg mbak, dulu aku sok sibuk gtu he he

Beruntunglah mbak yayan terbujuk misua so sekeluarga bisa jalan2 ke sana 🙂

wah 3000 naik kuda.. patut dicoba… he he mungkin ina maunya lari lawan kuda mba jadi dia gak mau naik kudanya he he… ina pisssss ya…. ;P

ooh…makanya gak mau ikutan, ga taunya ga mau jadi obat nyamuk y…hahaha
nha..itu dia, memang kadang kita ini kalo punya niat ga langsung dilaksanaken pasti akhirnya ga dikerjain atau ga terlaksana deh… 😦

wei tapi naik kudanya buat anak-anak doang orang cuma kuda poni…hihihi…vita jangan ikut antri, ntar dicubitin ama anak-anak lain yang ngantri… 😀
hehehe…piss juga ya… 😛

hihihi pada aprioro yaa … samaak … jd pengen ajak budak budak ke sono … 🙂 … thanks liputanya tante …

ajak aja pakde…murah meriah, bagus….tipsnya, berangkat pagi dan kalo bisa pas jangan hari minggu atau liburan, karena pasti padat dan berjubel….hehehe… 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

blog stats

  • 40,722 hits

moshi moshi!


moshi moshi! Welcome to my first blog. Just a place where i can write thoughts, opinions, experiences, interests, and about me, or people around me. Be pleased when you visit this page, and i welcome you to be my friend...
Enjoy!

tanggalan

April 2010
M T W T F S S
« Mar   May »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

my hyde

Archives

%d bloggers like this: