yayanadenan's blog

car free day a la bogor

Posted on: April 11, 2010

CFD1

Hari minggu di jalan Jalak Harupat Bogor sekarang adalah hari bebas kendaraan bermotor atau car free day. Sepertinya ide ini timbul setelah pelaksanaan car free day di kawasan Sudirman Jakarta sukses dilaksanakan. Hmm… jadi pengen tau dan sekalian pengen ngerasain, bagaimana sih suasana car free day itu? So..meluncurlah kami dengan sepeda motor menuju ujung jalan Jalak Harupat (ga begitu ujung sih) yaitu di kawasan Taman Kencana untuk memarkir sepeda motor.

Begitu besar harapan untuk menikmati udara segar tanpa asap kendaraan bermotor, harapan itu mulai menciut ketika kami melangkah menuju kawasan itu…. kami berpapasan dengan sebuah sepeda motor. Hah? Oh, mungkin orang itu rumahnya di dalam kawasan jalan itu, jadi kalo mau keluar pasti melewati jalan itu dong. Lalu kami melenggang menuju kawasan lapangan Sempur, yang terletak di pertengahan jalan Jalak Harupat.

CFD2

Begitu belok menuju lapangan, lho…kenapa banyak sepeda motor parkir ya? Apakah lapangan ini tidak termasuk yang bebas kendaraan bermotor ya? Jadi cuma sepanjang jalan sampai ke depan Istana Bogor? Kami mulai menduga-duga dan menarik kesimpulan. Dan kelihatannya memang begitu, karena memang banyak kendaraan yang parkir di situ. Lama-lama, ada saja sepeda motor yang ‘nawar’, keluar dari kawasan lapangan Sempur dan dengan enaknya melenggang ke jalan Jalak Harupat. Dan mobil juga! Wah…kuciwa jadinya. Bagaimana sih ini?

CFD3CFD4

Sebenarnya apa sih car free day? Car free day atau CFD adalah suatu program yang mendorong para pengguna kendaraan bermotor untuk tidak menggunakannya selama satu hari, tujuannya untuk meningkatkan mutu lingkungan.. yah, semacam hari bebas asap kendaraan bermotor gitu. CFD mendorong pemakaian tranportasi masal (kalau di Jakarta, bus Transjakarta tetap bisa lewat), sepeda atau jalan kaki dan pengembangan masyarakat agar masyarakat dapat menjangkau tempat kerja atau berbelanja dengan bersepeda atau berjalan kaki. Memang sulit ya diterapkan di sini, apalagi masyarakat kita banyak yang belum paham. Pokoknya tujuannya untuk menjadikan lingkungan semakin baik.

Apa yang kulihat dan kualami di hari minggu itu menunjukkan bahwa CFD memang belum secara serius dilaksanakan. Kalau memang serius tentunya penjagaan setiap celah jalan pasti akan diperketat dan petugas tidak akan dengan mudahnya membuka portal jalan yang menutup jalan agar motor/mobil bisa lewat. Dan satu lagi faktor yang menentukan suksesnya pelaksanaan CFD : kesadaran masyarakat akan tujuan diadakannya CFD. Kesadarannya masih rendah, kalau tidak, pasti tak akan ada motor/mobil nakal yang nyelonong atau ‘nawar’ buat melewati kawasan tersebut. Kalau perlu ada tindakan buat yang nakal-nakal tadi, ditegur atau dijewer misalnya. (yang terakhir itu guyon..hehehe) Biar ada kapoknya, biar yang lain ga ada yang niru. Orang kita kan suka begitu, merasa yang lain boleh lewat, ikut-ikutan deh.

Memang masih rintisan ya kegiatan ini. Baru juga dilaksanakan beberapa minggu. Jadi bagi yang ‘terjebak’ dan ‘kecele’ dengan pengharapan dapat berlenggang, bersepeda dengan bebas tanpa gangguan sepeda motor atau mobil, agar berhati-hati dan waspada, karena harapan itu belum sepenuhnya terpenuhi. Padahal aku melihat banyak orang yang mendorong stroller bayinya, bersepeda dengan anaknya, atau hanya menggandeng anaknya. Dengan motor atau mobil yang sering nyelonong lewat, tentunya sangat berbahaya. Jadi memang harus waspada dan -untuk saat ini- tidak berharap terlalu banyak dengan kegiatan ini.

CFD5

Ngomong-ngomong, sewaktu aku melintas di jalan ini, aku tahu dan mendengar ada mobil dan sepeda motor di belakangku, tapi aku tetap tak mau menepi. Biarlah mereka yang mengalah dan membelak-belokkan stirnya mencari celah di antara para pejalan kaki. Kapan lagi bisa ‘menang’ melawan kendaraan bermotor…hahaha.. 😀

Advertisements

4 Responses to "car free day a la bogor"

hmm semoga bukan sekadar ritual setengah hati ya mbak….

tau deh vit…. smoga bukan cuma anget2 tai ayam…hihihi
habisnya petugasnya juga kliatan masih setengah2 jagainnya, masyarakatnya juga masih setengah aja yang bener2 patuh ama batasan2 yang ada…

yah, sekedar berharap akan jadi kegiatan yang lebih serius dan rutin dilakukan…
sementara ini pantau aja dulu… 🙂

kalo sekarang CFD udah cuma pejalan kaki sama sepeda doang, saya rutin tiap minggu =D

Halo mas abiyoso, iƔa saya tau kok…lama bgt ga update ya..hehehehe…
Thanks dah nyempetin mampir 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

blog stats

  • 40,722 hits

moshi moshi!


moshi moshi! Welcome to my first blog. Just a place where i can write thoughts, opinions, experiences, interests, and about me, or people around me. Be pleased when you visit this page, and i welcome you to be my friend...
Enjoy!

tanggalan

April 2010
M T W T F S S
« Mar   May »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

my hyde

Archives

%d bloggers like this: