yayanadenan's blog

missing the childhood

Posted on: May 2, 2010

Sering kali kala sedang menemani Ina bermain, kadang teringat apa saja sih yang suka aku mainkan di waktu kecil? Hmm… kebanyakan permainan yang membutuhkan ketekunan deh kayaknya, soalnya yang kuingat tuh :

1. Dakon atau congklak

https://i1.wp.com/i5.photobucket.com/albums/y179/shafanissa1/IMG_1598.jpgNah, kayak gini yang suka kumainkan…dakon plastik berwarna merah tapi biji-bijinya biru. Menangan lho… paling seru waktu ‘nembak’ lobang yang bijinya numpuk buanyak..wihh..langsung pada sirik…hahaha. Jadi pengin main lagi nih, sayang.. seng ada lawan… 😀

2. Bekelan atau bola bekel

https://i0.wp.com/img204.imageshack.us/img204/4766/bekel1.jpgYang ini juga jagoan deh. Dulu kalo main tuh sistemnya pake grup, masing-masing grup ada yang jadi ‘mbok’, yaitu yang mainnya udah jago banget, dan ada yang jadi ‘anak’ yang mainnya ga gitu jago. Lalu mbok lawan mbok, anak lawan anak gitu, trus diitung deh skornya…hahaha. Dan aku selalu jadi ‘mbok’ lawan mainku mbak yang aku dah lupa namanya, jago banget dan lebih tua dari aku… ^_^

3. Tolo tili atau mainan boneka kertas bongkar pasang

https://i0.wp.com/2.bp.blogspot.com/_lwLdjQ_mLkc/SWWgfuBsoiI/AAAAAAAABWk/s_08XwAw_x4/s320/paper+doll.bmpWuahh…. hobi banget yang ini. Tiap kali ada koleksi baru, pasti langsung beli. Kalo dapet yang langka, wah jadi andalan tiap maen sama teman-teman. Dibela-belain jalan jauh demi membeli koleksi baru di warung yang jauh banget dari rumah..padahal kalo sekarang, mending naik angkot! hahaha…  Ampe punya setumpuk. Ada baju ke pasar, baju pergi, baju pengantin, baju mandi, baju ke taman, baju masak, baju ke kantor…hehehe…jadi kangen. Dan waktu SD pernah membuat prakarya dari kotak korek api, dibungkus kertas kado dan disusun sedemikian rupa menjadi ruang tamu, kamar tidur, ruang makan, dan sebagainya, nah hasil prakarya itu sangat bermanfaat buat main boneka kertas ini. Kalau sekarang mungkin anak-anak udah main rumah boneka barbie ya.. ^_^

4. Main kartu

https://i0.wp.com/i723.photobucket.com/albums/ww235/Twolalite/kartu.jpgKarena masih kecil, ya mainnya sebangsa ‘minuman’ atau ’41’ aja, yang gampang. Dan cukup asyik juga… 🙂

5. Kartu bergambar atau kwartet

https://i0.wp.com/i28.photobucket.com/albums/c231/lapanpuluh/pic-kartu.jpg

foto minjem dari blog lapanpuluhan 🙂

Dari kartu bergambar ini, bisa maen kiyu-kiyu atau ‘sembilan-sembilan’, jadi nomer di cerita gambar itu dijumlah dan nilai tertinggi adalah sembilan. Masing-masing anak dibagi 4 kartu lalu dijumlah 2-2, jadi kalo ke-dua pasang kartu jumlahnya sembilan, pasti bilangnya : kiyu-kiyu! Hahaha… dan jaman dulu tuh di belakang kartu itu ada lirik lagunya lho… lagu-lagu indonesia yang sedang hits saat itu, dengan huruf-huruf yang super kecil ^_^. Kalo kartu kwartet, sampai sekarang pun masih banyak ya, tapi gambarnya mengikuti tren jagoan jaman sekarang.

6. Monopoli

https://i1.wp.com/www.kagakribet.com/artikel/monopoli.jpgYang ini semua pasti tau. Monopoli yang kumainkan dulu monopoli lokal tentunya, kota-kotanya ya kota-kota di Indonesia, seperti Jakarta, Yogya, Bandung, etc. Tapi kliatannya waktu aku kecil tuh pokoknya mainnya sekedar lempar dadu dan jalan, serta mengikuti perintah di kartu kesempatan dan dana umum aja, ga pernah repot mikirin hipotek atau beli hotel dan sebagainya…hahaha… dan kadang malah seneng kalo disuruh jadi kasir aja ^_^

7. Ular Tangga

https://i1.wp.com/www.postmoplus.com/wp-content/uploads/2009/05/int_plan_ultangga-450x225.jpgUlar tangga yang sederhana aja, tapi favorit banget kalo dimainkan bareng teman-teman. Kertasnya sampai lecek dan lipatannya udah hampir sobek, tapi selalu jadi andalan. Mungkin asyiknya di hasilnya yang unexpected, ya…yah, namanya juga pakai dadu, jadi ga ada yang namanya jago atau tidak, semua punya chance yang sama 🙂

Ada pula permainan lainnya seperti lompat tali pake karet gelang yang buanyak banget dan dirangkai (kalo habis main ini, tangan rasanya pahit…hahaha), gasing (kebanyakan anak yang punya ini dapat beli di borobudur ^_^ ), halma (yang ini aku gak begitu bisa..), sobyung (main pake jari tangan dan diurutkan dengan alfabet, lalu nyebutin nama benda atau apalah yang berawalan huruf itu), cublak cublak suweng (suwenge ting gelenter…hahaha), cingciripit, sundamanda atau engklek, do mikado, sledur-sledur (ular naga), putih-putih melati, belum lagi yang harus main di luar seperti jek-jekan (betengan), gobak sodor, petak umpet, benthik dan gotri. Walah… digging deep nih mengingat-ingat bagaimana cara mainnya dahulu.

Ada permainan yang sampai sekarang masih dimainkan, ada pula yang telah punah, dan ada pula yang telah dimodifikasi sesuai perkembangan jaman. Yang jelas, Ina sekarang sering bermain ular tangga di games online.. ^_^. Nanti kalo sudah agak besar, mama ajarin deh Na..

Advertisements

12 Responses to "missing the childhood"

aku juga memainkan beberapa permainan itu mbak… kalo kalah main bekel, bolanya kubuang ha ha ha….
kalo congklak dulu maennya ama tanteku.
kwartet petamaku dulu kalo gak salah dari bobo.
main cublak-cublak suweng kalo pas ke rumah nenek.
jadi inget pas maen petak umpet ngumpet deket wc pas ada anak cowok lagi pipis he he he…
kalo monopoli sampe sekarang masih maen mbak…
kangen masa kecil euy…

bolanya dibuang? wah……curang…hahaha 😀
tau nggak, dulu biar bola bekelnya membal dengan bagus, direndem dulu dalam minyak tanah, setelah dicuci, pasti membalnya bisa tinggi! jadi bisa ceken (ambil beberapa biji bekel sekaligus dalam satu lemparan bola) hehehe…

tantenya vita masih muda y saat itu, bisa diajak partneran congklak…hehehe.. kalo maen cublak-cublak suwengnya ama nenek ya, kok mainnya pas di sana doang…hihihi.
hahaha…pas ngumpet kena pipis nggak? ^_^
masih maen monopoli? hebat.. ada yang diajak main ya.. iya nih aku juga kangen masa kecilku.. dimana semuanya hanya main dan main aja… 🙂

iya mbak, kalo kalah bekelan, bolanya kalau nggak buang ya kugigit. Gemes banget sih he he he… Ooh gitu toh, pake direndem minyak tanah, aku nggak tahu malah mbak. Kadang nggak pake bola bekel, tapi bola pingpong juga yg warna oren itu.

iya dulu tanteku masih muda mbak. Dia itu seneng banget congklak, jadi selalu nantangin keponakannya buat congklakan. Karena tar dibeliin chiki or es krim ya mau-mau aja he he.

he he, nenekku mah enggak ikut main cublak suweng. Karena teman-teman di rumah n sekolah gak ada yg maen cublak suweng, mbak. nah kalau di rumah nenekku kan ada sepupu2 yang demen main itu, jadi ya aku bisa ngikut 🙂

hu hu gak kena pipis sih, tapi maluuuu

iya mbak, ampe sekarang masih main monopoli sama temen2 kuliah…. lucu juga temen-temenku yang bapak2 itu main monopoli…

wah…padahal aku kalo nemu bola bekel boncel sebel banget lho….nggak taunya vita yang gigit yaa….hahahaha…
kalo pake bola pingpong ga terlalu ringan tuh? 🙂
memang dulu aku jagoan bekel sih, jadi tau tips dan triknya…hihihi

aku kalo maen malah kebanyakan ama temen rumah deh, karena sepupuku cowoook smua, cm satu yang cewek, jadi paling main sepedaan.. hehehe

wah kalo main monopoli dah seumur gini pasti udah mikir strategi dan taktik segala yaa…ga kayak waktu kecil, pokoknya jalan aja…. 🙂

hi hi hi kok aku jadi kayak tikus ya mbak….
biasanya bola pingpong dipake kalo kita maen di dalem rumah… kalo dipake di luar rumah, bolanya suka liar kalo anginnya gede… enteng sih mbak, tapi waktu itu kami suka he he…

he he sekarang kalo main monopoli dan aku kalah, uangnya aku sebarin deh ha ha ha ha…. kalo kupikir-pikir aku ini gak sportif banget sih he he he (gak mau menerima kekalahan)

hmm…bola liar akibat umpan lambung ya….hehehehe… beruntunglah yang menemukan bola liar itu… *apaansihini*

belajarlah menerima kekalahan, kan mas nardi juga orangnya sportif, kasian nanti liat vita jadi sedihh…. hahahaha 😀

wah, itu semua mainan aku waktu kecil .. wkwkwk .. + video games kayak nintendo atau atari 🙂 ++ lompat karet .. hehehe .. skr msh pengen main monopoli sama congklak sama bekel, tp ga ada lawannya, terpaksa main monopoli di PS .. :mrgreen:

kalo video games waktu aku kecil gak ada…gak ada yang punya maksutnya…hihihi..paling pol gembot alias games watch itu, yang isinya tetris… 😀 kalo lompat karet sih jelas, dari karet gelang kan? ada yang harus lompat se-merdeka ga? hihihi…
wah gak ada lawan ya mi? sini lawan aku aja….hahaha…aku juga pengen maen bekel ama congklak nih ^_^

pertama, salam kenal…. iya nih… setelah jadi dewasa rasanya aku pengen sehari aja jadi anak kecil yang gak perlu mikirin beban kehidupan…. kalo pengen apa-apa atau ada masalah tinggal ngadu ma ortu…..

salam kenal juga iara… 🙂
memang ya, pas kecil pengen cepet2 gede n dewasa ga dianggap anak kecil lagi, setelah besar dan dewasa, rasanya ingin jadi anak kecil lagi.. smua karena kita jadi nemuin banyak masalah kehidupan yang kalo pelik banget bisa bikin kita pengen lari darinya ^^;
lalu tinggal ngadu deh ke ortu…. biar dicariin jalan keluarnya…hihihi

bisa aja jadi anak kecil sehari aja… tapi repot, harus perjanjian dulu ama ortu biar g di marahin….hahaha 😛 ntar diomelin, sudah besar…masih kayak anak kecil…etc..etc… hahaha

cari aja mainan pas anak2 itu, lalu mainkanlah…. aku juga baru2 ini beli dakon buat anakku, walaupun anakku g tertarik banget, tapi sekali waktu aku mainin sendiri (syukur2 ada partnernya), tau g pas mainin itu pikiran langsung melayang ke masa kecil, dan rasanya wih banget! hahaha…

thanks ya dah mampir ke blog-ku ini… 🙂

Klo dulu aq sering maen dakon ma buyutku bu.. Tp g prnh menang.. Maennya pake biji sawo buu.. Klo maen g boleh lama2 mikir.. Buyutku bilang.. Hayo.. G boleh diitung bijinya.. Dikira2 aja.. Hehehehe.. Klo aq maen monopoli ma tetangga depan rumah.. Klo maen bs smp 2-3 jam.. Klo maen kwartet paling asyik ma tanteku bu.. Kadang2 bs nebak gbrnya cuman dari kondisi kartu yg udah buluk.. Hehehe.. Waktu jaman marak karambol aq jg maen.. Mejanya buat sendiri.. Dibuatin papa yg tukang kayu.. Jadinya lbh ngirit.. Tinggal beli buahnya aja.. Hehehehe..

hi ron 🙂
thanks udah mampir lagi yaa…
wah seru juga ya mainnya waktu kecil, tapi yang aku ga main adalah karambol…habis ga ada anak cewe yang main sih, smuanya anak cowo…hahaha.. paling banter nonton doang..

Kondisi kartu buluk iyalah pasti gampang ditebak, kadang bisa ‘niteni’ dari tanda tertentu di belakang kartunya, misalnya ada coretan dikit ato titik gitu…yang paling fair adalah beli lagi kartu baru!hahahahaa….

Thanks dah berbagi pengalaman masa kecilmu… 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

blog stats

  • 40,722 hits

moshi moshi!


moshi moshi! Welcome to my first blog. Just a place where i can write thoughts, opinions, experiences, interests, and about me, or people around me. Be pleased when you visit this page, and i welcome you to be my friend...
Enjoy!

tanggalan

May 2010
M T W T F S S
« Apr   Jul »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

my hyde

Archives

%d bloggers like this: