yayanadenan's blog

a theft!

Posted on: May 8, 2010

swiper of dora

Baru kali ini merasakan rumah disatroni pencuri. Dini hari saat orang-orang tengah lelap-lelapnya tidur, seorang tak diundang memasuki rumahku. Karena akhir-akhir ini udara panas, ada satu jendela yang kubiarkan terbuka, dan letaknya bersebelahan dengan pintu. Biasanya kunci pintu selalu aku cabut, tapi malam itu kebetulan aku lupa, karena sampai malam menunggu kepulangan suami dari lembur. Jendela itu berteralis, tapi memang cukup mudah bila memutar anak kunci dengan memasukkan tangan melalui jendela itu. Dan memang itulah yang terjadi.

Tak banyak yang diambil, ada 2 buah tas yang biasa aku bawa bila bepergian beserta dompetnya, dan 3 buah handphone yang setia menemani kami. Mungkin pencuri itu adalah tipe pencuri yang melihat adanya kesempatan lalu berniat untuk mencuri. Terbukti karena benda-benda elektronik tak satupun yang diambil. Namun yang namanya kehilangan handphone pasti ada rasa sedih membayangkan hilangnya nomor-nomor telpon orang-orang yang kita kasihi…

Cukup panik ketika pertama kali mengetahui ada pencuri barusan masuk ke rumah kami. Tadinya ada rasa heran, kok sandalku ada di ruang tengah? Berubah menjadi sedikit takut mengetahui pintu depan terbuka.. dan posisi jemuran alumunium besar yang letaknya di depan jendela posisinya bergeser, dan ada satu pot tanaman yang berpindah. Terus, sepatu suami juga berpindah, mengganjal jendela. Waduh…mulai curiga ada yang ga beres nih… langsung mencari handphone yang kalo malam hari selalu aku taruh di dekat bantal, kok ga ada? Handphone suami juga…raib. Dalam keadaan bingung baru ngeh kalo 2 tas yang ditaruh di ruang tengah juga nggak ada… Langsung berkeliling di dalam rumah untuk mengecek apa lagi yang hilang, ternyata tak ada. Motor masih di tempatnya. Mobil juga aman. Benda-benda elektronik juga tak terjamah. Sedikit lega, walaupun masih agak heran…

Mencoba berpikir jernih, kami mengambil air wudlu untuk sholat shubuh, meminta ketenangan hati. Barulah mengambil langkah-langkah pemblokiran.. Setelah meminta nomer telpon bank dan operator seluler di 108, mulailah memblokir kartu ATM dan kartu seluler kami, karena pasca bayar, takutnya di salahgunakan. Setelah melapor ke ketua RT, kami berangkat dengan niat menuju kantor polisi, sehubungan dengan kartu ATM dan KTP yang hilang.

Namun niat itu berubah, ketika pulang dari pak RT, suami membawa salah satu dari tasku! Di dalamnya ada KTPku…alhamdulillah…aku ga usah repot mengurus KTP baru lagi… Ternyata ada orang yang menemukan tasku di jalan dan menitipkannya ke tukang sampah, dan menyerahkannya ke pak RT. Ada semangat baru….kami pun menyusuri jalan tempat ditemukannya tas itu, dan pasang mata baik-baik mencari-cari apa yang bisa dicari… dan memang isi tas dan dompetku semua berceceran di jalan itu. Termasuk kartu ATM! Alhamdulillah…

Kesimpulanku, pencuri itu cuma mau ambil barang-barang yang mudah dijual, dan tidak punya niat untuk menyalahgunakan informasi apapun yang ada di dalam handphone dan tasku…buktinya dia membuang nomer-nomer handphone itu (waktu ku telpon sudah tidak aktif semua). Dan dia membuangkartu-kartu ATMku. Padahal aku takut informasi di handphone bisa dia gunakan….tapi dengan ditemukannya kartu-kartu ATM itu, pupuslah dugaanku. Tapi tetap ambil langkah waspada dengan memblokirnya. Dia juga berminat dengan tas slempangku dan 2 dompetku..

Handphone itu sudah kurelakan, walaupun sedih karena kehilangan semua nomor-nomor kontak..tapi ada rasa mengganjal yang tertinggal di hati, rasa tak rela, mengapa ada orang asing yang berani-beraninya masuk ke wilayah pribadi kami, ke rumah kami, ke kamar kami….. beraninya dia menginjak tempat kami tidur…. hhh…jadi agak berat waktu kami melangkah…ada rasa aneh yang tertinggal…

Ada hikmah yang bisa kami petik dari kejadian ini :

  1. Jangan lengah dengan situasi aman di sekitar kita, karena kecerobohan sedikit, bisa menimbulkan niat jahat dari seseorang.
  2. Selalu waspada dan tak bosan untuk selalu mengecek keadaan pintu dan jendela.
  3. Hindari menyimpan informasi penting di handphone, atau kalau tidak, gunakan kata-kata sandi yang hanya kita mengerti.
  4. Selalu sediakan back up data nomor-nomor telpon teman dan kerabat kita.
  5. Usahakan berpikir jernih sehingga tidak panik berlebihan jika musibah terjadi, sehingga bisa mengambil langkah-langkah tepat untuk bertindak.

Ada satu hal yang patut disyukuri dari kejadian ini, bahwa kami semua sekeluarga masih diberi keselamatan…tak kurang suatu apa. Apa jadinya jika yang mencuri adalah pencuri nekad yang membawa senjata, atau jika salah satu dari kami bangun dan dia bertindak nekad? Wallahu ‘alam apa yang akan terjadi… Sungguh kami amat bersyukur…

Advertisements
Tags: ,

6 Responses to "a theft!"

geregetan gitu ya mbak kalau ada pencuri masuk rumah… seenaknya dia acak-acak tempat yang seharusnya jadi privasi kita….

tapi sebutir debu tidak akan terbang kalau Allah nggak berkehendak…. Setuju mbak, bersyukur karena Allah masih melindungi dari hal-hal yang lebih fatal….

semua titipan, termasuk barang-barang yang dicuri itu… malangnya si maling, dia mencuri titipan Allah….

geregetan banget ta…..seperti ada yang mengganjal di setiap apa yang kita kerjakan, membayangkan dia sudah menginjak lantai dan ruang dimana kita berada……. sepertinya butuh waktu untuk mengembalikan perasaan ini ke normal lagi… 😦

bener…bersyukur banget…lebih bersyukur lagi karena musibah ini membuat aku dan suami malah makin kompak, dan tidak saling menyalahkan..karena semua adalah kehendakNya… 🙂

ya..seperti statusku di facebook tadi, semoga barang itu lebih bermanfaat di tangannya, walaupun itu bukan barang halal..semua adalah urusan Allah… 🙂

ya Allah mba, yg sabar ya .. lagi dicoba .. ambil sisi positinya aja walaupun pasti sedih ya barang kesayangan qta ada yg hilang .. btw, benar kata ada bang napi “waspadalah .. kejahatan terjadi karena ada kesempatan” hehehe .. klo aku yg hilang cuma tabung gas disiang bolong, gara2 pintu belakang kebuka lebar .. yaa mau gmn lagi 🙂 ..

iya nih mi…lagi disayang ama Allah, jadi dijewer deh…hehehe…
sedih iya, tapi yang pasti jadi lebih aware dan agak was-was juga..karena ‘area aman’ kita jadi tercemar… 😦

memang kalo ada kesempatan, orang jadi punya niat buruk ya… kayak pintu belakangmu yang terbuka lebar itu…yah jadi pelajaran buat kita untuk lebih waspada…
thanks yaa… i’ll learn my lesson… 🙂

pencurinya gaptek tu bude hehe..gak bisa pake atm. makanya dibuang semua.

kalau menurutku (berdasarkan pengalaman), paling pencurinya warga sekitar rumah yg udah tau keadaan rumah mb rarik. dan yang pasti lagi kepepet gak punya uang hehe..

kliatannya pencurinya adalah orang yang sering lewat jalan dekat rumahku tuh win…
mungkin dia lewat beberapa hari itu melihat jendelaku terbuka satu, jadi waktu ada kesempatan dan ndilalahnya kuncinya nyantol…udah deh kejadian…
apalagi rumahku cuma punya tetangga yang nempel rumah tuh cuman satu, di depan rumah adalah tanah pekaranganku yang belum berpagar, lainnya masih tanah kosong dan jarak tetangga ada sekitar 5 m..jadi memang cukup rawan..

yah namanya juga sudah digariskan oleh Nya..jadikan saja ini pelajaran..
iya kali ya…dia orangnya gaptek, jadi lom mudeng make atm..makanya main buang aja…hihihi..pake atm aja bingung apalagi sms banking ya? hahaha 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

blog stats

  • 41,943 hits

moshi moshi!


moshi moshi! Welcome to my first blog. Just a place where i can write thoughts, opinions, experiences, interests, and about me, or people around me. Be pleased when you visit this page, and i welcome you to be my friend...
Enjoy!

tanggalan

May 2010
M T W T F S S
« Apr   Jul »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

my hyde

Archives

%d bloggers like this: