yayanadenan's blog

why’s that soo hard?

Posted on: July 28, 2010


Ribut-ribut soal absensi anggota dewan, hmm…bikin aku jadi berpikir, kenapaa ya susah banget untuk sekedar menepati komitmen yang sudah disepakati sejak awal? Padahal hal itu pasti sudah menjadi kewajiban mereka untuk sekedar datang untuk menunjukkan bahwa mereka melaksanakan amanat rakyat. Itupun belum tentu mereka di sana ‘kerja’ yang ada malah ngantuk jangan-jangan…hihihi. Tapi aku yakin pasti hanya sebagian. ūüėõ Tapi yang pasti setidaknya mereka tidak membolos…hahaha…

Jadi wondering, apakah ini sebenarnya sifat asli bangsa kita yang tidak disiplin ya? Sudah menjadi pengetahuan umum kalo bangsa kita itu bangsa yang suka ‘ngaret’ dan ‘ngenyang’ alias suka nawar klo berhubungan dengan waktu. Ah, baru telat lima menit ini… ^^; Suatu sikap yang ga asing lagi buat kita…hehehe..

Soal kedisiplinan ini sebenernya bisa dipupuk sejak dini, sejak masih anak-anak. Aku sendiri sudah mengamati ketika mengantar anakku ke sekolah. Maklum Ina baru masuk sekolah jadi banyak pengalaman baru nih sepanjang waktu menunggui dia sekolah… ūüôā Sudah menjadi komitmen alias sudah dijadwalkan bahwa sekolah akan masuk jam 8 pagi, lalu murid-murid berbaris dulu (macam apel gitu lah..) dan berdoa dulu, lalu baru berjalan masuk ke kelas masing-masing. Tapi adaaa saja anak yang masuk terlambat 5 menit, 10 menit, 15 menit, bahkan setengah jam dari waktu masuk yang ditentukan. Dan anehnya, orangtua mereka seakan santai saja menggandeng anaknya masuk tanpa ada rasa bersalah atau was-was sedikitpun karena anaknya sudah terlambat… hmm, aneh kan? Aneh bagiku, biasanya aku cuma geleng-geleng kepala karena heran, kok bisa santai begitu ya? Tak jarang yang terlambat itu malah yang rumahnya dekat dengan sekolah lho! Tambah heran…….. kalo ditanya kenapa telat, pasti jawabannya, iya nih…anaknya dibangunin susah, makannya lama, blablabla pokoknya si anak yang salah, ortunya ga pernah salah…hihihi.

Padahal sikap orangtua yang seakan menggampangkan persoalan anaknya sudah terlambat masuk sekolah ini sebenernya malah menjadi dasar pemikiran buat si anak, pikiran bawah sadarnya jadi berpikir, oh…ternyata terlambat tuh ga papa ya, buktinya mama santai aja..bu guru juga ngijinin masuk.. (iya pasti, namanya juga masih TK!). Tak heran kalo kebiasaan menggampangkan waktu ini nanti terbawa sampai dewasa, menganggap itu hal yang wajar dan bisa ditoleransi setiap orang.

Nah, inilah pokok persoalannya. Karena masih anak-anak, kadang orang dewasa menganggap sepele masalah waktu. Padahal dari awal pertemuan orang tua murid, sudah dianjurkan untuk mengajarkan disiplin dari rumah, karena kalo nggak, percuma semua disiplin yang diajarkan guru-guru di sekolah. Kalo si anak makannya lama, atau bangunnya susah, seharusnya bisa diantisipasi dengan bangun dan makan lebih pagi misalnya, atau anak jangan dibiasakan tidur terlalu malam misalnya. Selalu ada jalan keluar supaya anak lebih disiplin.

Tapi kembali lagi ke peran orangtua, jika orangtua sendiri menyikapi waktu dengan santai dan menganggap bukan hal yang penting, ya… silakan menikmati bahwa anak akan menjadi copy-an orangtuanya… dan hal ini bisa berlanjut terbawa hingga ia besar nanti..

No wonder ada anggota dewan yang suka bolos dan tenang-tenang aja…seakan hal itu sudah biasa dan bisa ditoleransi… ^^;

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

blog stats

  • 40,722 hits

moshi moshi!


moshi moshi! Welcome to my first blog. Just a place where i can write thoughts, opinions, experiences, interests, and about me, or people around me. Be pleased when you visit this page, and i welcome you to be my friend...
Enjoy!

tanggalan

July 2010
M T W T F S S
« May   Aug »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

my hyde

Archives

%d bloggers like this: