yayanadenan's blog

tontonan anak-anak

Posted on: August 25, 2010

Terinsipirasi dari banyaknya iklan televisi yang ada, dan diantaranya banyak yang Ina hapalin, juga acara televisi favorit Ina…aku jadi berpikir tentang tontonan ideal untuk anak-anak. Sebenarnya aku kurang begitu suka Ina menonton televisi, yah…seperti idealnya orangtua-orangtua yang lain ^^..dari dulu semenjak Ina lahir aku sudah ‘mengorbankan’ kesukaanku menonton televisi demi ‘sehatnya’ penglihatan, pendengaran dan perbendaharaan kata Ina. Walaupun tontonanku ‘hanya’ berupa film-film box office atau acara talk show macam Oprah Winfrey Show atau Just Alvin atau Kick Andy 🙂 tapi semua itu berubah demi my precious one.

Alhamdulillah dari dulu aku adalah penyuka kartun, jadi aku tak keberatan sama sekali ketika Ina beranjak balita, ia menyukai Disney, Pororo, dan sebangsanya. Aku juga menikmati kala menemaninya melihat Jimjam and Sunny, Hi-5, Toopy and Binoo, Barney, Upin & Ipin dan Sesame Street. Mendampinginya menjadi hal yang biasa kulakukan ketika ia menikmati Rumah Dongeng dan Dora the Explorer. Yah…hitung-hitung sambil kembali menikmati hobi lama ^^; bedanya, dulu aku lebih suka anime..jadi ada sedikit ‘penyesuaian’..hihihi.

Biasanya jadwal Ina menonton tivi bisa sedikit diatur bergantian dengan menonton vcd/dvd. Jadi begitu tontonan di tivi sudah tidak ‘sesuai’ dengan usianya, jika tidak ada kegiatan lain, aku arahkan dia untuk menonton vcd. Sewaktu Ina bayi -yah..sekitar 6 bulanan- aku membelikannya vcd Brainy Baby, dan waktu itu dia senang bisa melihat objek warna-warni dan berbagai macam bentuk serta bunyi-bunyian..yah, hitung-hitung sebagai pengenalan. Dia jadi bisa mengenal warna dan bentuk sejak dini. Ada pula vcd-vcd gratis dari produk susu yang biasa diminum Ina. Hmm…lumayan lho! Bagus-bagus dan jika kita telaten, semua seri bisa dikumpulkan…hihihi. Bandingkan jika harus membelinya, jadi ada biaya extra nantinya ^^; Ina juga suka menonton Elmo’s World juga Barney.

Tapiii….baru-baru ini terjadi musibah yaitu : dvd player rusak semua! 😦 termasuk yang di PC. Waduuhh…. apalagi dia juga sudah melewati ‘euforia’nya dalam bermain games di internet. Jadi? Ketika aku harus mengerjakan pekerjaan rumah tangga, jadilah ia menonton tivi. Waktu jam-jam tertentu ketika tayangannya ‘aman’ buat dia dan dia suka, yah…ga apa-apalah.. misalnya ketika pagi hari, cukup banyak alternatif tontonan untuk anak-anak misalnya Dora, Pororo, Disney, Jimjam, Hi5, Toopy… -ini sewaktu dia libur sekolah- tapi di lain waktu? Padahal dia juga sudah mulai tertarik dengan cerita yang agak panjang. Pernah sesudah menonton favoritnya di sore hari yaitu Upin & Ipin, televisi menayangkan semacam cerita legenda dalam bentuk sinetron berdurasi 2 jam..ternyata dia suka! Jadi bingung…bukannya aku tak suka Ina menyukai cerita legenda, tapi cara penceritaan sinetron itu yang aku tak suka. Adegan culas-culasan, mimik licik dan jahat yang berlebihan, belum lagi kalo ada adegan dimana ada tokoh jahat yang ‘berminat’ kepada sang tokoh wanita…mimik mesumnya itu lho!! Walaahh… terpaksa tontonannya aku cut walopun  disertai sungutan kesal Ina… dalam hal ini aku lebih tegas daripada papanya…

Ada lagi favorit Ina yang aku tak suka….Bernard Bear! Mungkin karena animasi, jadi dikategorikan tontonan anak-anak ya… padahal banyak adegan kekerasan di situ, dan si beruang adalah beruang yang pemarah yang selalu sial… Ina kadang menirukan mimik dan gesture si beruang kala marah. Wah..gawat. Agak berpengaruh nih ke ‘anger management’nya.. 😦

Sebenarnya kartun atau animasi itu tidak melulu buat anak-anak. Tapi mungkin karena bentuknya yang eye catchy buat anak-anak dan berwarna-warni pula, makanya anak-anak jadi suka, dan kita pun jadi menggeneralisasikan semua bentuk animasi adalah untuk anak-anak. Padahal animasi pun ada penggolongannya, ada yang untuk anak-anak, remaja atau dewasa. Kesalahan televisi kita adalah ‘nggebyah uyah’ semua kartun untuk anak-anak. Jadi kadang ada yang salah sasaran deh… hehehe. Menurutku : Dora, Toopy and Binoo, Elmo’s World, Pocoyo : balita, anak-anak; Doraemon, Ninja Hattori, Barney, Hi5, Jimjam, Curious George, Disney : anak-anak; Barbie : pra remaja, anak-anak rada gede lah; Spongebob : anak-anak rada gede; Naruto : remaja; Upin & Ipin : anak-anak – dewasa..hihihi; Little Khrisna : anak-anak rada gede; Bernard Bear : dewasa…

Untuk segi penceritaan, umumnya animasi ‘barat’ lebih mudah dicerna oleh anak-anak kita dibandingkan dengan anime alias animasi Jepang. Animasi semacam Magic School Bus yang sarat muatan ilmu pengetahuan lebih gampang dicerna Ina dibanding ketika ia harus menonton Di Gi Charat. Dia pasti langsung bilang, nggak bagus. Tapi anime model ‘keajaiban’ juga lebih menarik buatnya, macam Doraemon, Time Machine, Minky Momo, Pokonyan (Rocky Rackat!) ..asalkan bukan yang semacam Sailor Moon atau Wedding Peach ^^; itu buat anak yang rada gedean kayaknya…

wedding peach

Yah, apapun…orangtua yang harus berperan menentukan tontonan terbaik dari yang ada buat anak-anaknya. Walopun harus agak pusing mengatur jadwal tontonan Ina, tak apalah….sementara menunggu dvd player bisa berfungsi lagi ^^ dan lagi jika ada waktu luang, ia bisa bermain yang lainnya.. 🙂

4 Responses to "tontonan anak-anak"

saya gak sengaja baca blog mbak waktu nyari tentang seito shokun manga (tapi saya bukan pembaca manganya karena waktu itu saya masih anak2, cuma tertarik ma versi doramanya aja).
tentang tulisan di atas, saya setuju sekali. memang kita harus selektif dalam memilih tontonan animasi. saya juga suka anime, tapi gara2 dipukul rata sama televisi kita, saya sering diejek ”kekanakan” atau dibilang “sudah besar masih nonton kartun”, padahal anime saja banyak yang untuk dewasa (sebenarnya sailor moon itu bisa dikategorikan remaja – dewasa karena ceritanya lebih kompleks). kadang, saya kesal dengan ulah televisi kita karena pemukulan rata seperti itu menyulitkan penggemar anime menonton anime dengan bebas tanpa terganggu sensor atau pengeneralisasian animasi. selain itu juga menyulitkan animator indonesia yang ingin berkembang (membuat cerita untuk remaja atau dewasa, misalnya).

hi dwiyani 🙂
wah thanks banget dah mampir n meluangkan waktu buat komen…hehehe..
soal kategori anime, sudah lama tuh aku sebelnya….hahaha…
tapi kesebalan itu ga berarti karena memang televisi kita ga pernah peduli, padahal aku yakin sudah ada komunitas yang menyampaikan unek2 ini pada mereka, tapi karena memang televisi kita tuh hidup dari rating, ya udah… kira2 apa yang sedang trend pasti ditayangkan..jadi kalo ada anime yang sedang trend ya udah tayangkan aja campur dengan jam anak2.. ^^;
Itu pun kalo ratingnya bagus, pasti ditayangkan sampai habis, contoh :Naruto.. tapi jangan harap ada anime lain yang ditayangkan sampai tuntas, yang ada malah diulang2 karena memang stock terbaru ga kebeli, mungkin budgetnya terbatas kali ya…hahaha *ketawakecut*

Duluuu banget, pernah tr**s tv nayangin neon genesis evangelion di tengah malam, itu aku tonton lho.. tapi itu ga berlangsung lama, karena berapa banyak sih yang meluangkan waktu nonton ‘kartun’ di tengah malam?
Jadi ya…ga usah berharap banyak deh..hahaha *apatis*

yah…aku setuju memang dengan pendapatmu, jadi kurang semangat ya animator kita, karena ada benturan itu… 😦

Thanks again ya…lam kenal 🙂

Saya suka orang seperti Mbak yang berpikiran terbuka dan nggak menganggap animasi itu untuk semua umur. Masih ada orang (kolot) yang beranggapan kartun itu cuma untuk anak2 doang.

halo Kencana 🙂
wah sebenarnya dilihat sekilas juga harusnya kita tahu lah bahwa animasi yang ini buat anak-anak, yang itu buat remaja atau dewasa…hehehe…
ya seperti yang udah aku bilang dlm artikel, karena goresan gambar dan pewarnaan yang eye catchy -yang notabene adalah khas warna anak-anak- maka sekilas lihat orang pasti beranggapan bahwa animasi = just for kids ^^;

ga cuman masih ada orang kolotnya ya…tapi masih buanyaakk! saking gemesnya klo ketemu orang macam itu jadi kadang malah diem..soalnya saking ga tau mau ngomong apa lagi, sudah terformat di pikiran mereka gitu…. hahaha..

thanks ya, salam kenal.. 🙂

Leave a Reply

blog stats

  • 41,165 hits

moshi moshi!


moshi moshi! Welcome to my first blog. Just a place where i can write thoughts, opinions, experiences, interests, and about me, or people around me. Be pleased when you visit this page, and i welcome you to be my friend...
Enjoy!

tanggalan

August 2010
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

my hyde

Archives

