yayanadenan's blog

fairy – tale motif brocade

Posted on: August 29, 2010

Karya terbaru Kyoko Hikawa, Fairy Tale – Motif Brocade atau judul aslinya Otogi Moyou Ayanishiki (2005-2008) akhirnya tamat juga di volume 5. Sebagai penyuka karya Hikawa-sensei, ketika aku melihat manga beliau di kios komik, langsung aja aku ambil keempat-empatnya (waktu itu masih 4 volume) tanpa pikir panjang, karena aku sudah ‘mengenal’ kualitas beliau sebagai mangaka. Volume 5 baru terbit Juli lalu dan ternyata tamat (ga nyangka^^). Ok gini nih jalan ceritanya 🙂

Berkisah tentang seorang gadis yatim piatu bernama Suzune (Suzu) yang hidup di sebuah kuil bersama seorang bhiksuni. Ia unik, karena tubuhnya disukai oleh para siluman (kecil) sehingga ia sering tiba-tiba terjatuh tanpa sebab karena kemunculan mereka. Karena hal inilah ia menjadi sasaran ejekan teman-teman sebayanya. Namun semenjak kemunculan Shinkurou Hidaka, seorang samurai muda yang menolongnya dari hutan siluman dan anak-anak jahil, Suzu serasa menemukan figur ‘ayah’, jadilah Shinkurou ia panggil ayah..^^ Shinkurou pun lama-lama membiarkannya, dan malah mengajarinya mengendalikan siluman yang sering muncul di tubuh Suzu. Namun suatu hari Shinkurou tak pulang seusai menunaikan tugas dan hanya meninggalkan sebuah seruling buat Suzu.. Hingga suatu hari 10 tahun kemudian ia bertemu rombongan calon penerus kepemimpinan klan Momohara, Kiyomaru beserta keluarga dan pengawalnya menuju kuil Nao yang diikuti oleh seekor siluman. Suzu berusaha menghalau siluman itu, dan waktu terjepit, dari seruling pemberian Shinkurou muncullah siluman pelindung dengan wajah sama dengan Shinkurou tapi dengan riasan ^^; ia berhasil memusnahkan siluman itu. Suzu pun ikut bersama rombongan itu, dan siluman pelindung muncul lagi dan Suzu menamainya Ojaru-sama, dan berkuasa atasnya. Di situ Suzu juga menaklukkan siluman rubah kecil nakal yang bernama Gorota, kelak mereka akan terus bersama-sama.

Siluman yang dulu mengikuti rombongan Kiyomaru ternyata adalah suruhan Genpachiro Ooki, tukang tenung yang membantu Katsusada Momohara, yang notabene adalah ‘lawan’ Kiyomaru. Genpachiro mempunyai ‘adik’ bernama Yae, yang ‘dekat’ dengan Katsusada. Genpachiro ternyata adalah saudara seperguruan Shinkurou, namun terpikat oleh ilmu hitam. Suatu saat Genpachiro bertarung dengan Ojarusama, dan kalah darinya..berlari menuju sebuah kuil kecil di tengah hutan, tempat ia pernah menghidupkan seorang tukang tenung wanita..itulah Yae. Yae sendiri sekarang mulai mengendalikan kubu Katsusada, sedangkan Genpachiro mulai ‘redup’ karena kegagalannya yang terus menerus dalam menghancurkan Kiyomaru. Di lain pihak Suzu juga mulai menggali potensi dirinya dalam mengendalikan siluman, terutama yang berkaitan dengan ‘nama’ siluman. Ia pun juga mengetahui bahwa Shinkurou ternyata ada di ‘dalam’ Ojarusama, mengikuti segala gerak Suzu..Suzu gembira sekali karena walaupun tidak secara fisik, ‘ayah’nya ada di dekatnya..

Yae yang telah mengetahui kelemahan Ojarusama berusaha memulihkan diri sejak kekalahannya dari Ojarusama. Ia juga dendam dengan Suzu yang terus menghalanginya dari tujuannya membunuh Kiyomaru. Sedangkan Shinkurou, dari ‘dalam’ Ojarusama berusaha mengingat mengapa ia bisa terjebak di antara 2 dunia..ternyata pertarungan terakhirnya dengan Genpachirolah yang membawanya ke situ. Genpachiro yang kalah menyalahgunakan belas kasihan Shinkurou, menyerahkannya pada Tengu (mahluk gaib campuran manusia dan burung yang berasal dari roh yang sesat)..namun sebelum jatuh ke dunia tengu, Shinkurou teringat pada Suzu..itulah yang menyebabkannya ‘melayang-layang’ di antara dunia nyata dan dunia tengu, melesat ke dalam Ojarusama ketika Suzu berteriak minta tolong padanya beberapa waktu lalu. Di lain pihak, pihak Katsusada yang terus-terusan gagal menjegal Kiyomaru, mulai menuntut Yae dan Genpachiro. Yae yang mulai ‘bangkit’ dan punya dendam sendiri akhirnya malah membunuh Katsusada, dan berusaha membunuh Genpachiro.. Genpachiro akhirnya sadar kesalahannya selama ini, dan mengorbankan dirinya untuk membawa kembali Shinkurou ke dunia nyata dari dunia tengu..

Shinkurou yang telah kembali, berusaha membunuh Yae, namun Yae berhasil meloloskan diri. Di istana Sawada tempat Kiyomaru, Ojarusama yang telah ‘kehilangan’ Shinkurou menjelma menjadi sosoknya yang asli, yaitu siluman rubah sakti. Ia mencoba menakuti Suzu, namun Suzu tak takut malah yakin akan kebaikan Ojarusama, sehingga Ojarusama memutuskan akan terus membantu Suzu dengan wujud manusianya. Suzu terkejut ketika diberitahu bahwa Shinkurou telah kembali, ia merasa belum siap..namun Shinkurou yang kelelahan tertidur pulas.. Suzu menemaninya dan ketika mereka bertemu, keduanya merasa canggung karena mereka bukan lagi ayah dan anak, tapi seorang laki-laki dan perempuan yang setara. Timbul rasa jengah dan bahagia di antara mereka.. 🙂 Sementara itu Yae terus menghimpun kekuatan, ia terus mencari tulangnya yang kurang satu lagi supaya kekuatannya melimpah..ia pun menyamar sebagai Shinkurou dan berhasil masuk ke kuil, memakan sisa tulangnya dan kabur dengan kekuatan penuh.. Shinkurou mengejarnya dan mereka pun bertarung. Shinkurou hampir kalah ketika ia mendengar suara Genpachiro, menyuruhnya untuk memanggilnya dari dunia tengu dan..muncullah Genpachiro tengu, terbang menggendongnya sehingga bisa lolos dari Yae. Yae berusaha memasuki istana Sawada untuk membunuh Kiyomaru, namun Suzu yang telah berhasil mengetahui nama asli Yae, yaitu Kifune dari arsip kuil berhasil memantrai istana supaya Yae tidak bisa memasuki istana..

Ojarusama yang terluka parah sekarat karena melawan Kifune..namun Budha Kannon mengampuni kesalahannya dan memberinya kesempatan hidup lagi. Mereka pun berkumpul : Suzu, Shinkurou, Ojarusama, Genpachiro dan tak lupa Gorota. Mereka pun bahu membahu berusaha melawan kekuatan Kifune yang telah menemukan sekutu baru. Di tengah usaha mereka, Suzu dan Shinkurou telah saling jujur akan perasaan mereka sekarang, dan menemukan kekuatan baru yang dahsyat ketika mereka menggabungkan kekuatan..

Kisah yang seru dan menarik, walaupun secara visualisasi menurutku ini bukan kategori komik remaja, tapi dewasa… banyak panel yang menggambarkan sadisnya Yae alias Kifune… Awalnya aku juga merasa ‘horor’ ketika membacanya, namun lambat laun karena ceritanya menarik jadi ‘terlewatkan’ begitu saja perasaan itu…hehehe. Yang jelas, ceritanya happy ending..bagi yang mengharapkan adegan roman, ya…seperti biasa Hikawa-sensei tak pernah menggambarkan adegan happy ending seperti pernikahan, misalnya. Tapi sungguh, Suzu dan Shinkurou pasangan yang cocok ^^

Cerita ini sedikit mengingatkanku akan Miriam, dimana tokoh wanita diceritakan masih kecil, dengan tokoh pria yang sudah dewasa (Miriam – Douglas) namun akhirnya mereka menjadi pasangan yang seimbang, secara fisik dan sifat ^^ Suzu dan Shinkurou tadinya ayah dan ‘anak’ namun karena Shinkurou mengalami 10 tahun dalam dunia tengu, ketika bertemu kembali dengan Suzu mereka menjadi hanya berselisih umur 1 tahun 🙂

Satu hal lagi, Shinkurou Hidaka itu ganteng! hahaha… 😀

 

Advertisements

30 Responses to "fairy – tale motif brocade"

Wah..asik ne, gak perlu beli komik, disini bisa baca referensinya..makasih

hi Lia 🙂
wah…jangan gitu dong…nanti aku bersalah ni ama hikawa sensei….hahahaha…
tapi memang komik 1-4 dah agak lama terbitnya, jadi udah rada susah nyarinya, klo yang nomer 5 sih masih baru, jadi masih gampang carinya 😛

thanks y dah mampir…

Yah, udah susah yah nyarinya
Aduuuh suka bngt sm komik2nya Kyoko Hikawa. Komik ini vol 5nya masih ada gak yah di gramedia?

hi evlynna 🙂
memang kliatannya udah susah ya nyarinya ^^; tapi coba dulu di toko buku bekas mungkin masih ada..untuk vol 5 kenapa tidak coba tanya petugas gramed-nya aja? siapa tau masih ada 🙂 soalnya baru terbit kira2 2 bulan yang lalu kan…ayo semangat!hahaha…
senang ktemu ama penyuka karya Hikawa sensei… lam kenal ya, dan thanks dah berkunjung kemari 😀

hi yayanadenan.. salam kenal 🙂
whaa,,, aku juga suka ni komik. tipikal tokoh2nya komik bikinan kyoko hikawa semua hampir mirip2 yaa, si cowo pasti ganteng, pendiam n kuat, sedangkan si cewe tadinya digambarkan biasa aja, tp kmdian ternyata punya kelebihan ato keistimewaan laen.
aku suka banget komik2 kyoko hikawa.. mulai dari chizumi-fujiomi, miriam, trus kanata kara (ini paling sukaaaa!!!) smp yg ini..
btw, ni komik udah beredar di gramedia kah? vol 5 juga? coz aku bacanya lewat mangafox, itu juga baru nyampe vol 4, hehehe 😉
ga sabar pengen baca smp tamat nih..

hi yantiezt 🙂 salam kenal juga..
wah senang ketemu sesama penggemar hikawa sensei ^^ memang tipikal cowok tokoh utamanya hampir sama ya, tp gpplah, soalnya ceritanya selalu menarik terutama cara penceritaannya (di samping artworknya)
samaa deh smua karya hikawa sensei aku suka, paling penasaran kalo ada karya beliau yg belum aku baca..hehehe

Komik ini udah diterbitkan elex tahun 2009 lho, tapi kenapa banyak yg belum ngeh ya? ^^; waktu itu berurutan vol 1-4, dan vol 5 (tamat) baru terbit agustus lalu..jd ya pasti sudah beredar di gramedia..

Selamat membaca volume terakhirnya ya… 😀

hai … yayanadenan ….
salam kenal yaaaa….

oyaa aku ngefanssss banget loo sama komic ini , apalagi tokoh-tokoh nya yang ggggggg…. gimana gityuuuu…..

thankss yaaaaaa

salam kenal kembali Shiniva 🙂
wah ngefans yaa….emangnya tokoh2nya gimana sih?hihihi…. yang jelas aku seneng aja waktu genpachiro dan ojaru-sama akhirnya jadi tokoh yang baik, walo dengan kekurangan masing2….hahahaha 😛
genpachiro jadi tokoh yang cengeng terutama kalo merasa tidak berguna dan salah, sedangkan ojaru-sama dengan segala kesombongannya tapi tetap perhatian dengan suzu ^^ geli aja ngeliat dia selalu bawa oleh2 ketika pulang dari mengembara di akhir cerita…

you’re welcome…..senang bisa berbagi dengan sesama penggemar hikawa-sensei 😀

waaah, saya blum baca yang ini, jadi pinginnnn 🙂

silakan pinginnn…..hihihi

waaah… ada komunitas Kyoko Hikawa ga? kasih2 kabar ya… buku ini aku uda ada sampai 3 yang lain lagi hunting maklum udah jarang, jadi aku cari di rental2 hohoho…

kalo komunitas, aku kurang tau yaa ^^
wah lumayan tu dah sampe 3, ayoo semangat!! hehehe..

ini uda 2011, komiknya masih ada gak yaaaa? T_T
ga tau kalo ada komik kyoko hikawa yg terbaru…sedihnyaaa…

Halo chichi, aduuhh sedih banget ya ketinggalan komik pengarang favorit… 😦
Klo komiknya mungkin di toko buku sudah ga ada, dan hanya bisa didapatkan di toko buku/komik bekas atau online shop..
Jadi selamat berburu Ƴáà… 😉

ini komiknya berarti masih bersambung atau habis di buku ke 5 sis ???

Halo Rina,
Ini komiknya udah tamat kok, 5 tankoubon doang…ga banyak kan… 😉

thanks for the info nih…aku baru tahu ada komik karya kyoko hikawa yg ambil tema jepang kuno nih… patut dibaca.
Aku juga pecinta berat kyoko hikawa,,,

You’re welcome nea…senang bisa bikin sesama pecinta karya Kyoko Hikawa jadi tau komik ini 😉

Waaahh.., aku suka bgt sama karya” kyoko hikawa, hampir semua udah aku baca.., tp belum pernah tau ada komik ini, aku jg da bertanya”.., kpan ya kyoko hikawa buat komik lg.., pengeenn nyarinya.., dimana ya kira” adanya? 😦

iƔa ya…entah kenapa banyak yang belum tau keberadaan komik ini, kalo nyari di toko buku pasti udah susah, kan udah setahun yang lalu terbit volume terakhirnya…
Pasti dah baca dong komen2 terdahulu…jd saranku msh sama 😀 😛
Klo untuk karya terbarunya Αĸư ga gitu berharap deh, umpamanya ada juga kalo berseri pasti lama jarak antar volumenya…hahahaa..

aaakk aku baru tau ada karya kyoko hikawa yg ini
pengen bacaaaaa…udah ga ada ya kalo di toko buku…hiks
betewe trima kasih ya reviewnya
tapi bikin mupeng T_T

hikss….kebayang penasarannyaaa kalo ketinggalan komik dari pengarang favorit 😥 ayo jangan mupeng doang, huntiinnggg…. 😀 atau cari manga online nya….ganbatte!

aku juga baru tau nii, hehehe…secara mulai agak jarang hunting 🙂 jadi ingat dunia mimpinya kyoko hikawa ( duh izaku- ga kuku- hehehe)

banyak temennya, hira….kalo baru tau…hehehe
bisa dimaklumi klo jarang hunting…namanya juga manusia, apalagi klo dah bekerja, urusan hunting jadi nomer yang kesekian banget 😀
dunia mimpi…duh jadi termimpi-mimpi ama izaku kia-tarj nih… 😀

iya ya jadi keimpian izaku yah, hahaha.. tau-tau dia terbang ke dunia kita kali mba * halaaaah*

coba diteruskan sampai izaku n noriko menikah yah, mau liat anak-anaknya digambarkan seperti apa sama kyoko hikawa sensei hihihi..

sepertinya klo cerita ‘terusan’ gitu kecil kemungkinannya deh…klo spin off malah mungkin….tau sendiri sifat hikawa-sensei, ga pernah gamblang menuntaskan ceritanya… *maksutnya trus adegan nikah gitu…hehehe 😛

Hi..yayanadenan..
salam kenal.
ak sari, pcinta karya Kyoko Hikawa sensei jg..
bruntungny ak dah pny smua karyany yg terbit d Indonesia..
mskpun miriam pencarianny ampe k lapak2 buku seken..n trnyta hargany jd brlipat..tp krn pnasaran blm prnah bc itu..jd djabanin.. =)
ksukaan teteeup fujiomi-chizumi..
beda tipis bgt sama Izaku..
Klo baca manga krya kyoko hikawa, jd relax n hepi..
jd smcam kyk terapi..hehe..
btw karyany skrng byk yg terbit ulang (fujiomi-chizumi trilogi, d balik jndela putih, girls, harmoni) deluxe edition.
ak ngarep bgt miriam jg bakal dterbitin ulang, krn pnyaqu dah belel bgt kyk buku bersejarah..
kabar2in ya klo ada karya kyoko hikawa yg baru.
thx

salam kenal juga sari, makasih buat komennya ya….
spt yg pernah aku ceritakan, Miriam cm pernah menikmati di persewaan aja *walo aku pinjemnya ampe berkali-kali gitu saking senengnya 😀 dan mmg di lapak seken harganya udah lipet.. nyesel juga dulu ga kebeli pdhl ada, sdgkan lapak itu mngkn sdh tak ada krn penertiban stasiun ui…hiks
harapanku cm 1, elex mau dan segera menerbitkan edisi deluxenya…..uuhhh semoga semoga semoga!! mari kita sama2 berdoa menurut keyakinan masing2…..hahahaa….semangat!!

trimakasih kembaliiiii…..

Makasih mbak referensinya. Waaah jadi penasaran sama nih komik. Kalo pengarangnya kyoko hikawa = recomended. Dicetak ulang lagi ga ya kira2? Kayaknya sekarang komik2 lama pada dicetak ulang, seperti topeng kaca, dunia mimpi, dll. Ngomong2 tentang dunia mimpi, nih komik emang top banget dah. Dulu pertama baca jaman sma. Sekarang setelah jadi emak dari 2 anak, ketemu lagi sama ini komik. Surprise banget waktu lihat komik ini terpajang dietalasenya gramed. Tanpa pikir panjang langsung aja beli (soalnya dulu ga kuat beli, cuma bisa minjem temen atau pinjem rental, maklum anak sekolahan, hihi). Herannya meski udah pernah baca, trus sekarang baca lagi, tapi feel nya itu tetep aja dapet. Masih tetep deg-degan plus penasaran kayak jama smu dulu, hihi. Tokoh ceweknya bikin ngiri, tokoh cowoknya bikin hati meleleh, hehe. Noriko ama Izaku emang keren abiz. Sukaaa sekaliii (waduh, saya jadi curhat disini. Maap…)

Sama2…biasanya yg dicetak ulang tuh yg byk peminatnya ya, ntah kenapa komik ini jarang ada yang tau ya? Kurang promosi mungkin…hehehe…
Feelnya dapet tuh krn udah lama ga baca…..coba tiap hari dibaca…hahahaha maap 😛 btw thanks sdh mampir…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

blog stats

  • 40,722 hits

moshi moshi!


moshi moshi! Welcome to my first blog. Just a place where i can write thoughts, opinions, experiences, interests, and about me, or people around me. Be pleased when you visit this page, and i welcome you to be my friend...
Enjoy!

tanggalan

August 2010
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

my hyde

Archives

%d bloggers like this: