yayanadenan's blog

carang gesing

Posted on: March 28, 2011

Setelah lama mengidam-idamkannya, akhirnya aku bisa merasakan kembali makanan tradisional khas kampung halaman yaitu carang gesing! Dan bukan karena trus nemu yang jualan, tapi karena akhirnya aku bikin sendiri..hehehe.. Udah keburu ga tahan kangennya ^^ Ternyata cukup mudah, setelah browsing sana sini dan beberapa modifikasi, akhirnya jadi jugalah.. Here’s the recipe :

 

CARANG GESING



Bahan :

  • 1 sisir pisang kepok matang, kupas, potong2 kecil
  • 1/2 liter santan sedang kentalnya
  • 125 gr gula pasir
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 1/2 sdt vanili bubuk (optional)
  • 1 sdt garam
  • daun pandan, potong2
  • daun pisang untuk membungkus

Cara membuat :

  1. Larutkan gula pasir dalam santan, masukkan garam, vanili, dan telur. Aduk rata hingga tercampur rata.
  2. Siapkan daun pisang. Beri 3 atau 4 sendok makan irisan pisang, potongan daun pandan, lalu bubuhi campuran santan kira-kira 1 sendok sayur. Bungkus dan semat dengan lidi/tusuk gigi.
  3. Kukus selama 30 menit dengan api besar.
  4. Angkat dan sajikan.

Guampang kan? Kecuali bagian membungkusnya…hihihi…berhubung masih amatiran banget bagian bungkus membungkus ini yang paling banyak makan waktu…hahaha. Yang paling bagus sih pake daun pisang klutuk, dan sebelum dipake harus dilemaskan dahulu, bisa dijemur sebentar atau ditaro dekat kompor, ati-ati jangan sampai terbakar ya ^^; Yang pasti segala kerepotan terbayar sudah ketika mencicipi hasilnya..wuahh legit dan seger hmm….

Yang jelas, makanan ini memang hanya daerah Magelang atau Yogyakarta aja sepertinya yang mengenalnya, di sini (baca:Bogor) sih ga ada yang kenal..sampai-sampai tetangga yang kebagian mencicipi ampe heran dan bertanya-tanya ini makanan apa ya? Hahaha…tapi enak katanya, cocok buat bulan puasa…hihihi.

Pesan moralnya: kalau kangen makanan kampung halaman dan ga ada yang jual, be kreatip and repot dikit buat mengobati rasa kangen itu…hahahaha.. (catatan: bahan dan caranya mudah dipraktekkan ^^).

Advertisements

6 Responses to "carang gesing"

wah rajin cobain resep niy mbak? mau cobain dunk 😀

kalo mo nyobain doang sih silakan…asal jangan suruh bikinin..lg males nih! hahahaha 😀
tumben senggang….xixixi 😛 apa kabarnya nih ^^

Salam kenal,

Di daerah Solo dan di sekitarnya juga ada lho, kadang dikenal juga dengan istilah Pis, ada yang isi pisang, ada juga yang diisi roti tawar.

best regards
Ari

Salam kenal juga Ari 🙂
Iya bener juga, setelah tanya2 nyokap ada yg namanya pis itu dengan isi roti tawar dan kelapa muda.. Hmm yummy bgt kliatannya, jd pengen cari resepnya..hihihi..

aku juga suka itu… ibuku yg asli klaten menyebutnya pistuban

pistuban apaan ya singkatannya? ada kata pis nya jadi kupikir pasti ada kata pisangnya…hihihi…
btw ibuku juga masa kecilnya di klaten lho, walo lahir di magelang…nenekku yang aseli klaten… 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

blog stats

  • 41,197 hits

moshi moshi!


moshi moshi! Welcome to my first blog. Just a place where i can write thoughts, opinions, experiences, interests, and about me, or people around me. Be pleased when you visit this page, and i welcome you to be my friend...
Enjoy!

tanggalan

March 2011
M T W T F S S
« Feb   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

my hyde

Archives

%d bloggers like this: